banner 728x90

Pengamat: Sistem Buruh Outsourcing Dikuatkan MK

In update
banner 728x90

Bata Ringan

INILAHCOM, Jakarta – Tuntutan agar sistem alih daya (outsourcing) dihapuskan dinilai sulit diterapkan. Ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi pandangan terseebut.

Ahli hukum perburuhan dari Universitas Airlangga M Hadi Shubhan mengatakan, penolakan sistem outsourcing bertentangan dengan hukum. Dan, tidak sesuai dengan kondisi riil di mana banyak PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), serta minimnya keterampilan buruh Indonesia.

Diterangkan Hadi, penghapusan outsourcing merupakan jelas-jelas melanggar Undang-Undang Nomor 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, pasal 6466.

“Pasal ini telah diuji di Mahkamah Konstitusi (MK). Dan putusan MK Nomor 27/PUU-IX/2011 menyatakan pasal tersebut konstitusional, dengan persyaratan yang melindungi pekerja. Artinya, konstitusionalitas sistem outsorcing itu tidak perlu dipertanyakan lagi,” ujar Hadi dalam rilis kepada media di Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Hadi menambahkan, alasan logis dibolehkannya outsourcing adalah untuk tercapainya efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan kegiatan utamanya. Dalam rangka efektivitas tersebut, pekerjaan yang sifatnya penunjang dapat dialihkan kepada perusahaan penyedia jasa, sehingga perusahaan bisa berkonsentrasi pada kegiatan utama.

Direktur Indef, Enny Sri Hartati menambahkan, penghapusan pekerja alih daya secara serta merta, justru berpotensi meningkatkan pengangguran. Mengingat, pekerja outsourcing sebagian besar berada di industri padat karya.

Dengan minimnya lapangan kerja formal yang tersedia, kata Ennym outsourcing justru bisa menjadi alternatif untuk penyerapan tenaga kerja, khususnya lulusan sekolah menengah. “Kalau kita melihat data, kelompok pengangguran tertinggi berasal dari mereka yang lulusan sekolah menengah dan sederajat, yang belum memiliki keterampilan maupun pengalaman kerja,” ujar Enny. [ipe]

Terimasih untuk Sumber kami : http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2292285/pengamat-sistem-buruh-outsourcing-dikuatkan-mk

banner 728x90
author
Author: 
    Hukum Merayakan Ulang Tahun
    Bata Ringan Surabaya DALAM hal ini, para
    Bambang Soesatyo Siap Jadi Ketua Umum ARDIN
    Pagar BRC Surabaya INILAHCOM, Jakarta – Bambang
    Menko RR: Stop Sedot Ekspor Kekayaan Alam
    Bata Ringan INILAHCOM, Bandung – Di depan
    Liga Inggris Kedatangan Pelatih Top Lagi?
    Bata Ringan INILAHCOM, Liverpoopl – Pelatih timnas

    Leave a reply "Pengamat: Sistem Buruh Outsourcing Dikuatkan MK"

    Must read×

    Top