banner 728x90

Menpan RB Dorong Replikasi Inovasi Layanan Publik

In update
banner 728x90

Pagar BRC

INILAHCOM, Gunungkidul – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (19/04).

Salah satu kabupaten di Provinsi DIY ini menempatkan dua inovasi ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2016, yakni Klinik Konsultasi Agribisnis (KKA) oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) dan One Stop Service Toilet (OSST) di SMKN 3 Wonosari.

BP2PK menjadi tujuan pertama kunjungan Yuddy yang didampingi Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa. Selanjutnya, Menteri beraudiensi dengan Bupati Gunung Kidul Badingah beserta jajaran Forkominda. Blusukan berlanjut ke RSUD Wonosari, SMKN 3 Wonosari, dan Polres Gunung Kidul.

Saat di BP2KP, Yuddy berbincang-bincang dan memberikan motivasi kepada para penyuluh untuk terus meningkatkan kinerjanya membantu petani serta berinovasi. Menteri Yuddy mengapresiasi keberhasilan penyuluhan yang berdampak langsung pada peningkatan penghasilan petani, kepemilikan aset, dan kesejahteraan masyarakat, dan pendapatan sektor pertanian pun meningkat.

Kepada Kepala Badan BP2KP Kabupaten Gunung Kidul, Menteri menginstruksikan agar inovasi ini direplikasi di 13 Balai lain yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. ”Semangat utama kompetisi inovasi pelayanan publik adalah agar pemenangnya dapat inovasinya dapat direplikasi,” ujar Yuddy.

Sejak akhir 2014, BP2KP melakukan revitalisasi KKA dengan melakukan perbaikan sistem dan standar pelayanan, kepastian pelayanan menyangkut persyaratan, biaya, dan waktu penyelesaian, dan kompetensi petugas. Penyuluhan di kecamatan dan desa dilakukan dengan memetakan potensi pertanian dan pemberdayaan masyarakat.

Pelayanan KKA diberikan dalam bentuk pelatihan, pemagangan, pengembangan jejaring, dan inkubator agribisnis. Prosedur KKA meliputi konsultasi di tingkat kecamatan, pencatatan permasalahan, konsultasi didukung informasi berupa perpustakaan, ruang display, atau kebun percontohan, dan pendampingan bisnis pertanian.

Kepala (BP2KP) Kabupaten Gunung Kidul I Ketut Santosa dalam kesempatan itu menyatakan, kegiatan agribisnis Gunungkidul didominasi oleh petani dengan proporsi 54,41% dari total jumlah penduduk, dengan total luas lahan 148.536 ha. Sekitar 75,43% petani atau sekitar 125.415 rumah tangga merupakan petani gurem, yaitu petani yang memiliki luas lahan kurang dari 5.000 m2.

BP2KP Kabupaten Gunungkidul membantu para petani gurem untuk meningkatkan produktivitas melalui Klinik Konsultasi Agribisnis (KKA). Pada tahap awal masih bersifat konvensional, yakni tatap muka petugas dengan petani dan kelompok tani dan bersifat top down.

Kontribusi kegiatan ini belum dirasakan manfaatnya oleh petani/kelompok tani untuk meningkatkan produktivitasnya. Sebelum adanya inovasi, petani dan kelompok tani tidak mendapat sarana konsultasi yang memadai tentang bisnis pertanian. Dengan adanya inovasi, mereka memperoleh pendampingan untuk meningkatkan bisnis pertanian,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini permasalahan agribisnis pertanian, perikanan, dan kehutanan telah mendapat bantuan konsultasi dan pembinaan. Konsultasi dihadiri rata-rata 288 peserta, 16 penyuluhan per bulan dengan 116 penyuluh dan 1.856 penerima penyuluhan. “Hasilnya, terjalin kerja sama antar pemangku kepentingan dan kemampuan petani dan hasil panen meningkat,” ujarnya.

Di RSUD, Menteri menyambangi ruang perawatan kelas 3 dan pelayanan BPJS. Kepada petugas BPJS, Yuddy menekankan agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terlebih setelah kenaikan iuran peserat BPJS untuk kelas 1 dan 2. “BPJS harus terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya. [bersambung]

Terimasih untuk Sumber kami : http://nasional.inilah.com/read/detail/2289657/menpan-rb-dorong-replikasi-inovasi-layanan-publik

banner 728x90
author
Author: 
    Hukum Merayakan Ulang Tahun
    Bata Ringan Surabaya DALAM hal ini, para
    Bambang Soesatyo Siap Jadi Ketua Umum ARDIN
    Pagar BRC Surabaya INILAHCOM, Jakarta – Bambang
    Menko RR: Stop Sedot Ekspor Kekayaan Alam
    Bata Ringan INILAHCOM, Bandung – Di depan
    Liga Inggris Kedatangan Pelatih Top Lagi?
    Bata Ringan INILAHCOM, Liverpoopl – Pelatih timnas

    Leave a reply "Menpan RB Dorong Replikasi Inovasi Layanan Publik"

    Must read×

    Top