banner 728x90

Menko RR: Stop Sedot Ekspor Kekayaan Alam

In update
banner 728x90

Bata Ringan

INILAHCOM, Bandung – Di depan peserta Indonesia Youth Speak Summit 2016, Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengingatkan untuk merubah paradigma dalam mengelola kekayaan alam. Hindari ekspor yang jor-joran.

Sabtu (30/4/2016), Menko Rizal bertindak sebagai salah satu pembicara dalam Indonesia Youth Speak Summit 2016 yang diadakan AIESEC dan PBB di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat. Acara ini merupakan rangkaian dari peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA).

Dalam paparannya, mantan menko perekonomian era Presiden Gus Dur ini mengajak generasi muda untuk meninggalkan paradigma usang yakni mengelola sumber daya alam yang berorientasi ekspor.

“Era pemerintahan Jokowi jelas arahnya. Ingin memanfaatkan sumber daya alam sebesar-besarnya untuk rakyat. Jadi, kita harus rubah paradigma. Enggak bisa lagi strategi sedot ekspor dilanjutkan. Tetapi harus kembangkan industri pengelolaan yang benar,” kata Menko RR, sapaan anyar Rizal Ramli.

Ia menyontohkan seharusnya sumber daya alam dari laut seperti ikan setelah ditangkap dari laut jangan langsung di ekspor namun harus ada industri yang bisa mengolahnya agar nilai jualnya bisa lebih tinggi.

“Lalu sedot gas di ekspor LNG. Kita enggak mau lagi model pengelolaan sumber daya alam seperti itu karena dengan hanya mengekspor LNG, Indonesia hanya akan mendapat keuntungan 2,5 miliar dolar AS per tahun,” kata dia.

Selain itu, Menko Rizal mengingatkan generasi muda, Indonesia bisa menjadi negara hebat. Namun ada syaratnya yakni harus bisa menguasai laut. “Jangan pernah bermimpi bisa menjadi negara hebat, kalau kita, terutama generasi mudanya tidak dapat menguasai laut,” kata Rizal.

Sekedar informasi saja, AIESEC (Association Internationale et Studiant Sociale Economic Commerciale) adalah organisasi internasional untuk para pemuda yang membantu mengembangkan potensi kepemimpinan generasi muda. Bekerja sama dengan PBB, acara Indonesia Youth Speak Summit 2016 digelar.

Peserta forum ini adalah berbagai komunitas yang tergabung dalam Bandung Creative City Forum dan Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika, serta ketua himpunan dan Badan eksekutif mahasiswa di berbagai universitas. [tar]

Terimasih untuk Sumber kami : http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2292288/menko-rr-stop-sedot-ekspor-kekayaan-alam

banner 728x90
author
Author: 
    Hukum Merayakan Ulang Tahun
    Bata Ringan Surabaya DALAM hal ini, para
    Bambang Soesatyo Siap Jadi Ketua Umum ARDIN
    Pagar BRC Surabaya INILAHCOM, Jakarta – Bambang
    Liga Inggris Kedatangan Pelatih Top Lagi?
    Bata Ringan INILAHCOM, Liverpoopl – Pelatih timnas
    GoBoat, Perahu Khusus untuk Memancing
    GoBoat, Perahu Khusus untuk Memancing
    Pagar BRC Surabaya INILAHCOM, Jakarta – Kini

    Leave a reply "Menko RR: Stop Sedot Ekspor Kekayaan Alam"

    Must read×

    Top