banner 728x90

Kualitas SDM Minim, Menko RR Sindir Pendidikan

In update
banner 728x90

Pagar BRC Surabaya

INILAHCOM, Jakarta – Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli sedikit menyindir kualitas tenaga kerja Indonesia. Lantaran kualitasnya masih minim keahlian.

“Indonesia tidak bisa hanya fokus pada pendidikan umum, tapi pemberdayaan pendidikan kejuruan harus lebih diutamakan,” Kata Menko Rizal usai rapat koordinasi dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, M Hanif Dhakiri di Kantornya, Jakarta, Selasa (19/04/2016).

Menko Rizal mengatakan, saat ini, Presiden Joko Widodo sedang melakukan kunjungan kerja ke Eropa, bersama sejumlah menteri. Salah satu yang dibahas adalah masalah peningkatan kualitas tenaga kerja Indonesia. “Presiden sedang ke Eropa, salah satu agendanya bagaimana peningkatan kualitas tenaga kerja profesional, kemarin di Jerman Presiden bertemu Perdana Menteri Jerman, dan disepakati Jerman akan membantu Indonesia dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia,” papar Menko Rizal.

Mantan Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur ini mengatakan, sumber daya manusia (SDM) Indonesia, sudah seharusnya ditingkatkan skillnya. Dengan banyaknya pendidikan kejuruan, maka keterampilan pekerja diyakini bakal meningkat.

“Bayangkan, total anggaran pendidikan
mencapai Rp 414 triliun. Itu untuk seluruh pendidikan umum. Kita tidak bisa ikuti sistem pendidikan seperti Amerika dan Inggris, karena masih ada sistem lain yang lebih bisa diutamakan yaitu kejuruan dan politeknik, seperti Jerman, Austria, Swiss, negaranya fokus mementingkan SDM nya mempunyai skill untuk bisa langsung masuk ke industri,” ujarnya.

Rizal menambahkan, tujuan memperbanyak sistem kejuruan dan politeknik di Indonesia, supaya semakin lama kualitas skill masyarakat semakin tinggi. Tentunya, lanjut Rizal, pertumbuhan ekonomi dapat tumbuh dengan cara berkualitas.

“Pertumbuhan ekonomi tidak berkualitas sudah pasti kesejahteraan SDM pasti terbatas. Dengan peningkatan skill SDM, transformasi tenaga kerja profesional kita dapat mendatangkan devisa lima kali lipat dari pada transformasi TKI yang hanya mendatangkan devisa per tahunnya sekitar 10 miliar dolar AS. Artinya dengan skill masyarakat pertumbuhan ekonomi tumbuh dengan kualitas,” tandasnya. [ipe]

Terimasih untuk Sumber kami : http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2289548/kualitas-sdm-minim-menko-rr-sindir-pendidikan

banner 728x90
author
Author: 
    Hukum Merayakan Ulang Tahun
    Bata Ringan Surabaya DALAM hal ini, para
    Bambang Soesatyo Siap Jadi Ketua Umum ARDIN
    Pagar BRC Surabaya INILAHCOM, Jakarta – Bambang
    Menko RR: Stop Sedot Ekspor Kekayaan Alam
    Bata Ringan INILAHCOM, Bandung – Di depan
    Liga Inggris Kedatangan Pelatih Top Lagi?
    Bata Ringan INILAHCOM, Liverpoopl – Pelatih timnas

    Leave a reply "Kualitas SDM Minim, Menko RR Sindir Pendidikan"

    Must read×

    Top