banner 728x90

KPK Diminta Usut Tuntas Mafia Peradilan

In update
banner 728x90

Bata Ringan Sidoarjo

INILAHCOM, Jakarta – Koalisi Pemantau Peradilan (KPP) meminta KPK mengusut mafia peradilan sampai tuntas dengan menjerat semua pihak yang terlibat.

“Kami minta KPK segera mengambil langkah-langkah dengan maksud menjerat semua pihak yang diduga terlibat dalam jaringan mafia peradilan ini,” kata Miko Ginting dari Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia yang merupakan bagian dari KPP dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/5/2016).

Menurut dia, apabila langkah itu dilakukan, maka konsolidasi antara pihak terkait tidak akan terjadi. Namun, apabila hal itu tidak dilakukan, maka konsolidasi untuk memutar balikan fakta terjadi.

“Langkah itu adalah dengan segera menetapkan nama-nama yang diduga terlibat jaringan ini berdasarkan bukti permulaan yang cukup sebagai tersangka,” ujar dia.

Sementara menurut Aradilla Caesar dari Indonesia Corruption Watch, KPK harus segera bertindak mengingat beberapa kasus yang terjadi belakangan adalah penegasan adanya permasalahan serius di institusi peradilan.

Seperti, dia mencontohkan, tertangkap tangannya Panitera Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat yang diikuti pencegahan dan penyitaan atas nama N (Sekretaris MA).

“Ini menegaskan adanya permasalahan serius di institusi Mahkamah Agung. KPP mempertanyakan langkah KPK yang tak kunjung menetapkan N sebagai tersangka padahal upaya paksa pencegahan dan penyitaan telah dilakukan sebelumnya,” ujar Aradilla.

Sementara itu, Liza Farihah dari Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan menilai, kasus ini harus dilihat dalam rangkaian yang tidak terpisahkan dengan kasus-kasus sebelumnya.

Misal, tambah dia, operasi tangkap tangan terhadap ATS (Ka Subdit Kasasi dan PK MA) serta Hakim dan Panitera PTUN Medan. Rentetan kasus-kasus ini menunjukkan adanya praktik korupsi yudisial yang sistemik dan telah mengakar di institusi pengadilan.

“KPP memandang bahwa rentetan kasus ini harusnya menjadi pemantik kembali ikhtiar bersama kita untuk perang melawan korupsi. Terutama di institusi pengadilan yang seharusnya adil dan berintegritas,” ujar Liza.

KPP terdiri dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Indonesia Legal Roundtable, Indonesia Corruption Watch, Institute for Criminal Justice Reform, Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan, Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia UI, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia. [tar]

Terimasih untuk Sumber kami : http://nasional.inilah.com/read/detail/2292377/kpk-diminta-usut-tuntas-mafia-peradilan

banner 728x90
author
Author: 
    Hukum Merayakan Ulang Tahun
    Bata Ringan Surabaya DALAM hal ini, para
    Bambang Soesatyo Siap Jadi Ketua Umum ARDIN
    Pagar BRC Surabaya INILAHCOM, Jakarta – Bambang
    Menko RR: Stop Sedot Ekspor Kekayaan Alam
    Bata Ringan INILAHCOM, Bandung – Di depan
    Liga Inggris Kedatangan Pelatih Top Lagi?
    Bata Ringan INILAHCOM, Liverpoopl – Pelatih timnas

    Leave a reply "KPK Diminta Usut Tuntas Mafia Peradilan"

    Must read×

    Top