banner 728x90

Korea Utara Hukum Warga AS 10 Tahun Kerja Paksa

In update
banner 728x90

Bata Ringan Surabaya

INILAHCOM, Pyongyang – Mahkamah Agung Korea Utara pada Jumat (29/4/2016) menjatuhkan hukuman 10 tahun kerja paksa kepada seorang warga AS keturunan Korea bernama Kim Dong-chul karena dituduh melakukan kejahatan subversif.

Sebelumnya kantor berita Korea Utara, KCNA, melaporkan bahwa pria 62 tahun itu ditangkap di Korea Utara pada Oktober tahun lalu dan mengaku bersalah melakukan 'spionase yang tidak dapat diampuni'.

Kim lalu dipamerkan kepada media di ibu kota Korea Utara pekan lalu saat ia mengakui mencuri sejumlah rahasia militer dan memohon maaf atas perbuatannya itu.

Penahanan Kim menjadi perhatian publik saat dia muncul dalam wawancara CNN pada Januari lalu dengan seorang pendeta Kanada yang juga ditahan di Korea Utara.

Saat itu, Kim mengatakan ia tinggal di wilayah China yang tak jauh dari perbatasan Korea Utara selama 15 tahun.

Dari sana, Kim mengaku secara rutin bepergian ke kota Rason, sebuah zona ekonomi khusus Korea Utara.

Berdasarkan kabar dari media Korea Utara, Kim ditangkap di Rason saat dia menerima flash disk berisi rahasia militer dan nuklir dari sumbernya.

Korea Utara banyak dikritik karena penanganan Hak Asasi Manusia yang buruk selama bertahun-tahun, memanfaatkan tahanan Amerika untuk mendapat perhatian kunjungan petinggi AS, negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Korea Utara.

Sebelumnya pemerintah Korea Utara menjatuhkan hukuman yang berat kepada warga asing sebelum akhirnya membebaskan mereka.

Enam warga asing, termasuk Kim dan tiga warga Korea Selatan, diketahui sedang ditahan di Korea Utara.

Korea Utara juga menahan seorang warga AS bernama Otto Warmbier, yang dihukum 15 tahun kerja paksa pada Maret lalu karena dituduh berusaha mencuri poster propaganda.

Selain itu mereka juga menahan rohaniwan Nasrani warga Kanada keturunan Korea yang menjadi narapidana seumur hidup karena dakwaan subversi.

Korea Utara memperketat keamanan menjelang kongres pertama dari partai yang berkuasa selama 36 tahun, yang akan dimulai pada 6 Mei mendatang.

Negara tersebut juga meningkatkan pengembangan senjata nuklir dan rudal balistiknya sejak pengujian nuklir keempatnya pada Januari, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters. [ikh]

Terimasih untuk Sumber kami : http://web.inilah.com/read/detail/2291944/korea-utara-hukum-warga-as-10-tahun-kerja-paksa

banner 728x90
author
Author: 
    Hukum Merayakan Ulang Tahun
    Bata Ringan Surabaya DALAM hal ini, para
    Bambang Soesatyo Siap Jadi Ketua Umum ARDIN
    Pagar BRC Surabaya INILAHCOM, Jakarta – Bambang
    Menko RR: Stop Sedot Ekspor Kekayaan Alam
    Bata Ringan INILAHCOM, Bandung – Di depan
    Liga Inggris Kedatangan Pelatih Top Lagi?
    Bata Ringan INILAHCOM, Liverpoopl – Pelatih timnas

    Leave a reply "Korea Utara Hukum Warga AS 10 Tahun Kerja Paksa"

    Must read×

    Top