banner 728x90

HPI Apresiasi BTN Bangun Penginapan Pariwisata

In update
banner 728x90

Jasa Bangun Rumah Surabaya

INILAHCOM, Kupang – Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) NTT Mesakh Toy mengapresiasi Bank Tabungan Negara (BTN) memberikan dukungan pembiayaan pembangunan 100.000 rumah penginapan di destinasi pariwisata terpilih Indonesia termasuk destinasi New7 Wonder Komodo di Labuan Bajo.

“Insiatif untuk share dukungan anggaran pembiayaan pembangunan 50 ribu dari 100 ribu homestay di sepuluh destinasi pariwisata dari BTN itu patut diapresiasi karena selama ini fokus pembangunan ke destinasi pariwisata lebih pada infrastruktur jalan dan jembatan serta sarana gedung lainnya ketimbang homestay, MCK yang sangat penting,” katanya di Kupang, Sabtu (30/4/2016).

Ia mengatakan hal itu PT Bank Tabungan Negara (BTN) bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata memberikan dukungan pembiayaan pembangunan 100 ribu homestay di destinasi pariwisata terpilih Indonesia.

Perbankan milik pemerintah ini akan mendukung pembiayaan bagi pembangunan 50 ribu sarana toilet publik di sepuluh destinasi.

Direktur utama BTN Maryono mengatakan, sepuluh destinasi itu terdiri atas Mandalika, Labuan Bajo, Pulau Morotasi, Tanjung Kalayang, Danau Toba, Wakatobi, Gunung Bromo, Candi Borobudur, Pantai Tanjung Lesung, dan Kepulauan Seribu.

Langkah BTN ini, menurut Mesakh Toy sekaligus merupakan upaya korporasi dalam rangka pemenuhan program sejuta rumah 2016. Fasilitas pariwisata yang mumpuni menjadi sumber masuk wisatawan ke Indonesia. Ini juga akan menjadi sumber devisa yang sangat tinggi untuk negara.

Menurut Mesakh, membenahi infrastruktur jalan dan jembatan terutama fasilitas higienitas menuju lokasi wisata ini mutlak harus dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat di sektor pariwisata sebagai “leading sector” dalam mendorong pencapaian target pertumbuhan ekonomi daerah.

Pembenahan infrastruktur menuju lokasi wisata katanya penting dilakukan untuk mencapai target kepariwisataan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk jangka pendek, pembenahan ini berkaitan dengan Kebijakan pemberlakuan bebs visa kunjungan singkat 30 negara dan untuk jangka panjang bisa mencapai target transaksi sekitar Rp240 triliun.

Berikut pencapaian target pada 2019 yaitu index kompetitif kepariwisataan menjadi 30 dari sebelumnya berada pada peringkat ke-70, jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta orang dan jumlah perjalanan wisata domestik sebanyak 275 juta dari 250 juta sebelumnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT, Andre W Koreh pada kesempatan terpisah menegaskan, kendatipun pembangunan infrastruktur di wilayah NTT masih minim, namun Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi NTT tetap optimis semuanya terselesaikan dalam kurun waktu lima sampai 10 tahun ke depan.

Sebelumnya HPI juga memberi apresiasi kepada manajemen Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III juga membidik potensi wisata bahari di Banyuwangi, Bali, dan Pulau Komodo di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

Ini menandakan bahwa pengembangan potensi pariwisata bukan urusan Kementerian, Dinas dan pelaku atau pebisnis Pariwissata dan ekonomi kreatif, tetapi harus lintas sektoral seperti BTN dan Pelindo III,” kata Dosen tamu pada Akademi Pariwisata Kupang itu.

Sebab wisatawan dan peminat serta pemerhati Pariwisata seantero dunia mengetahui bahwa Nusa Tenggara Timur memiliki potensi wisata yang sangat besar. Bahkan, potensi wisata NTT dinilai lebih mahal dan lebih unggul dari Bali, sehingga perlu pembenahan dan pengembangan. [tar]

Terimasih untuk Sumber kami : http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2292240/hpi-apresiasi-btn-bangun-penginapan-pariwisata

banner 728x90
author
Author: 
    Hukum Merayakan Ulang Tahun
    Bata Ringan Surabaya DALAM hal ini, para
    Bambang Soesatyo Siap Jadi Ketua Umum ARDIN
    Pagar BRC Surabaya INILAHCOM, Jakarta – Bambang
    Menko RR: Stop Sedot Ekspor Kekayaan Alam
    Bata Ringan INILAHCOM, Bandung – Di depan
    Liga Inggris Kedatangan Pelatih Top Lagi?
    Bata Ringan INILAHCOM, Liverpoopl – Pelatih timnas

    Leave a reply "HPI Apresiasi BTN Bangun Penginapan Pariwisata"

    Must read×

    Top